Jenis-jenis Bahan Kain Drill

Jenis-Jenis Bahan Kain Drill

Jenis-Jenis Bahan Kain Drill

Kita sering mendengar istilah kain drill. Atau barangkali banyak seragam atau pakaian yang kita gunakan ternyata bahan dasarnya adalah kain drill. Kain drill ini banyak diminati karena kainnya yang tebal, halus, dan mudah menyerap keringat. Namun, tahukah kamu jenis-jenis bahan kain drill yang ada di pasaran? Jenis kain drill apakah yang pas untuk membuat seragam PDL, PDH, dll?

Apa itu Kain Drill?

Kain drill adalah kain yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat. Kain drill biasa terbuat dari bahan katun maupun bahan polyester. Jenis kain drill yang ringan atau tipis biasanya digunakan sebagai bahan pakaian seperti kemeja, jaket safari, blus, dan pakaian olahraga. Sedangkan untuk jenis kain drill yang lebih tebal akan digunakan sebagai bahan korset dan bahan pakaian kerja atau seragam.

Sejarah Kain Drill

Kain drill yang berwarna berwarna khaki (warna debu kecoklatan) pada zaman dahulu biasa dipakai untuk pembuatan seragam tentara karena warnanya sesuai dengan warna lingkungan sehingga cocok untuk kamuflase. Pada perang dunia kedua, kain drill sangat populer sebagai bahan pembuatan seragam militer. Setelah perang dunia kedua usai banyak tentara kembali ke kampus sehingga kain drill menjadi popular karena digunakan untuk membuat pakaian kasual. Berdasarkan besar kecilnya serat, kain drill dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

  1. Kain Twist Drill (Kain Drill dengan serat Kecil)

    Saat ini terdapat kain twist drill yang memiliki karakterisitik water repellent atau air tidak mudah menembus kain jenis ini. Kain ini biasanya digunakan untuk jaket almamater dengan zipper. Sehingga jaket almamater dengan zipper ini juga dapat digunakan untuk kegiatan luar ruangan (outdoor).

  2. Kain American Drill (Kain Drill dengan serat Sedang)

    Karakteristik kain American drill adalah permukaan kainnya lebih lembut. Kain jenis American drill terbuat dari bahan katun dan polyester.  Anda bisa menggunakan jenis kain ini untuk membuat jas almamater.

  3. Kain Japan Drill (Kain Drill dengan serat Besar)

    Jenis kain drill yang paling populer digunakan untuk membuat seragam khususnya untuk seragam lapangan adalah kain japan drill. Kain japan drill memiliki karakteristik lebih kuat dan tebal dibandingkan jenis kain lainnya. Kain drill yang berat biasanya digunakan untuk membuat seragam juru masak atau koki karena kainnya yang tebal bisa melindungi pemakainya dari panas. Kain japan drill yang paling disukai adalah yang komposisinya lebih banyak terbuat dari katun karena lebih nyaman dipakai dibandingkan kain japan drill yang banyak kandungan polyesternya.Merek yang terkenal adalah Nagata Drill.

 

Kegunaan lain dari kain drill  adalah digunakan untuk layar pada kerajinan kapal untuk souvenir.  Selain itu kain drill juga digunakan untuk keperluan lain seperti untuk membuat  terpal, tenda, awning dan kanopi.

Demikian jenis-jenis bahan kain drill. Jika anda ingin membuat seragam, PDL, PDH atau jenis pakaian yang lainnya dengan kain drill, pastikan anda sudah mengetahui dengan pasti bagaimana karakteristriknya. Semoga artikel jenis-jenis bahan kain drill ini bermanfaat.

 

Salam Konveksi Esa Jaya

Jenis-jenis Bahan Kain Drill

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *