Perbedaan Konveksi CMT, FOB, Pengrajin dan Pabrik

Perbedaan Konveksi CMT, FOB, Pengrajin dan Pabrik

Halo Sahabat Esa Jaya, kali ini saya akan membagikan informasi mengenai perbedaan macam-macam spesfikasi dalam bisnis konveksi. Hal ini sangat penting supaya anda sebagai konsumen juga tidak salah memilih pesanan. Pernah ada satu cerita begini. Saya pernah mendapat calaon pelanggan yang menanyakan apakah bisa kami membuat sepatu untuk keperluan tender pengadaan di salah satu institusi pemerintahan. Waktu itu saya jawab “tidak bisa”. lho kenapa? Bukannya hasilnya akan besar? Bukan karena kami tidak tertarik namun lebih ke arah bukan spesifikasi kami.

Kemudian pernah juga ada calon pelanggan yang bertanya kepada saya, apakah konveksi kami menerima pembuatan produk distro. Saya tanya terlebih dahulu, produk distronya seperti apa? Beliau menjawab banyak macamnya dari kaos, kemeja, topi, hingga sepatu. Kami menjawab sebagian bisa kami kerjakan seperti kaos dan kemeja.

Dari pemgalaman saya, kita tahu satu hal bahwa tidak semua konveksi itu bisa mengerjakan semuanya dalam satu rumah produksi. Ingat bahwa produksi sebuah bisnis konveksi tidak seluas bisnis garment. Bisnis konveksi juga memiliki spesifikasinya sendiri.Nah oleh karena itu, saya akan menjelaskan beberapa macam spesifikasi bisnis konveksi. Konveksi Berdasarkan Metode Deliverynya:

  1. Konveksi CMT

CMT itu singkatan dari Cut Make Trim. Bisnis konveksi ini melayani hanya jasa potong, jahit dan perapihan. Untuk bahan mereka tidak menyediakan. Simplenya anda beli kain dipasar, mereka potong jahit finishing, anda terima produk jadinya lalu anda jual hasilnya di toko anda. Konveksi ini biasanya banyak digunakan oleh usaha toko online yang productnya berupa busana muslim, busana wanita atau busana anak anak.

  1. Konveksi FOB

FOB (Freight on Board) adalah spesifikasi bisnis konveksi yang menerima jasa penyediaan bahan, jasa potong, jahit, dan perapihan hingga menjadi pakaian siap pakai. Konsumen hanya memberikan design saja. Bahkan ada beberapa bisnis yang menerima mendesainkan juga. Bahan mereka sediakan, potong jahit sampai finishing. Konveksi pembuatan seragam, konveksi kaos sablon, konveksi jaket motor, konveksi jaket adalah contoh konveksi jenis FOB ini.

Unit Produksi Berdasarkan Produk Yang Dihasilkan:

  1. Konveksi Busana

Bisnis ini sama seperti bisnis konveksi CMT dan FOB. Mereka focus membuat barang setengah jadi (kain) menjadi pakaian siap pakai.

  1. Pengrajin

Bisnis ini seperti pembuat sepatu, tas, aksesoris dll. Ketika anda memesan koleksi apparel distro anda, sebaiknya anda ke pengrajin sepatu misalnya atau ke pengrajin aksesoris misalnya. Jangan ke konveksi.

  1. Pabrik

Pabrik biasanya memiliki mesin yang lebih spesifik dan memiliki jumlah minimum pengerjaan yang besar. Jika kasusnya ingin membuat kaos kaki untuk tender institusi pemerintah, sebaiknya anda ke pabrik kaos kaki, karena mesin produksinya khusus.

Lain lagi jika mereka ingin menjahit kemeja, kaos, jaket, outer dll.. Nah mereka seharusnya menghubungi saya selaku pengusaha konveksi CMT ataupun FOB.

Demikian informasi mengenai Perbedaan Konveksi CMT, FOB, Pengrajin dan Pabrik, semoga bermanfaat untuk anda.

 

Salam Konveksi Esa Jaya

Perbedaan Konveksi CMT, FOB, Pengrajin dan Pabrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *